Sabtu, 27 Februari 2010

katakan tidak pada narkoba

Narkoba

Siapa yang tidak mengenal barang haram tersebut???

banyak sekali kalangan muda sampai yang tua mengkonsumsi barang haram ini.

Barang ini merupakan penyalahgunaan obat2an yg awalnya digunakan untuk obat penghilang rasa sakit(bius) dalam ilmu kedokteran


banyak sekali dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba. terhadap anak atau remaja (pelajar) adalah sebagai berikut:

1. Perubahan pribadi dalam sikap,

  1. sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,
  2. mudah tersinggung dan cepat marah,
  3. Sering menguap, mengantuk, dan malas,
  4. tidak memedulikan kesehatan,
  5. Suka mencuri guna untuk membeli narkoba.
  6. Menyebabkan Kegilaan(ketagihan atau bahasa gaulnya kecanduan, Pranoid bahkan Kematian !

Salah satu Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba


Upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar, sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman dari narkoba terhadap anak-anak kita.

berikut ini harus diperhatikan ketika melakukan upaya anti narkoba di sekolah. Yang pertama adalah dengan mengikutsertakan orangtua. Yaitu memberikan upaya secara halus untuk tidak menggunakan barang haram tersebut dan memberikan pengertian akan kenegatifannya
Kemudian dengan memberikan arahan secara jelas untuk tidak pada narkoba. Mengirimkan pesan yang jelas tidak menggunakan membutuhkan konsistensi sekolah-sekolah untuk menjelaskan bahwa narkoba itu salah dan mendorong kegiatan-kegiatan anti narkoba di sekolah. Untuk anak sekolah harus diberikan penjelasan yang terus-menerus diulang bahwa narkoba tidak hanya membahayakan kesehatan fisik dan emosi namun juga kesempatan mereka untuk bisa terus belajar, mengoptimalkan potensi akademik dan kehidupan yang layak.

Oleh sebab itu, mulai saat ini pendidik, pengajar, dan orang tua, harus sigap serta waspada, akan bahaya narkoba yang sewaktu2 dapat menjerat anak-anak sendiri. Dengan berbagai upaya tersebut di atas, mari kita jaga dan awasi anak anak kita dari bahaya narkoba tersebut, sehingga harapan untuk menelurkan generasi yang cerdas dan tangguh di masa yang akan datang dapat terwujud dengan baik.

1 komentar: